Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Masuk Mode GUI tapi Malah masuk mode TTY di kali linux

Assalamualaikum wr wb...
Oke di kesempatan kali ini gw akan berbagi informasi lainnya terkait kendala yang sebelumnya juga pernah gw alami,, yaitu ga bisa masuk mode GUI (Graphical User Interface) dan malah masuk ke mode TTY / Terminal Teletype (CTRL + ALT [F3. F4. F5. F6]

Pada saat itu,, gw awalnya mengupdate & upgrade,,, tapi kemudian muncul teks teks aneh di semua layar yang ada tulisan" dan kemudian si laptop pun agak lag .. trus tiba tiba restart sendiri,, hmmm,, mungkin penyebabnya gara gara ada file yang emg udh ga cocok sama kernel laptop gw,, soalnya laptop gw ini keluaran udh lumayan jadul lah. wkwk,, oke balik lagi,, (malah curhat gw) ngapa sih>:(

Nah ,, setelah laptop masuk ke login,, tiba tiba ga bisa login trus malah nge enter sendiri,, (sama hantu di enternya kayanya :>,) dan malah authetication gagal.. padahal udh diisi bener.. ,, nahh trus, gw masuk ke mode tty (CTRL + ALT [F3. F4. F5. F6]
dan gw pun oprek oprek lagi kendalanya apaan,., udh gw reset passwd jg, masih tetep,, yaudah gw matiin aja dah tu laptop,.,

NAhh,, pas gw nyalain lagi,, si laptop ini malah kagak bisa
masuk mode GUI.. .lah... kenapa bisa gini?? gw awalnya panik" sndiri.. (biasanya gw kalem siih :v)
gw ulik ulik dah tu error,, browsing sana sini , masih tetep ga bisa,, trus,, gw ketemu tuh masalah nya dan cara mengatasinya di forum global https://superuser.com/questions

Penyebab utama ga bisa masuk GUI itu karena gdm3 nya error / broken. Jado harus di reinstall lagi si gdm3 nya.

Oke , Langsung aja dah kita praktek..

  • Kan awalnya kita masuk mode tty (terminal teletype) terserah mau itu tty1 tty tty3, sama aja
  • Trus kalian ketikan dibawah ini :
    • apt-get update
    • apt-get upgrade
    • dpkg --configure -a
    • apt-get install cinnamon-control-center-data
    • gdm3 --version
    • apt-get --reinstall install gdm3 | Kalo di kasus saya,, setelah mengetik ini langsung reboot otomatis trus langsung masuk ke mode GUI :D
    • apt-get --reinstall install gnome
    • apt-get --reinstall install gnome-shell
    • dpkg-reconfigure gdm3
    • reboot

    Setelah selesai reboot.. Selamat. kamu akan masuk mode GUI lagi, :D


    Baca juga disini : Mengatasi dpkg-divert: error: unknown option --no-rename

Posting Komentar

0 Komentar